iCIO Community Umumkan Tahapan Akhir Seleksi iCIO Awards 2019

2019-02-06

Dua belas Chief Information Officer (CIO) dan lima Chief Executif Officer (CEO) hari ini, Rabu (23/1/2019), menjalani tahapan akhir dari proses seleksi iCIO Awards 2019.

Para finalis itu berhasil lolos melalui tahapan seleksi sebelumnya dan akan mengikuti tahap akhir proses pemilihan, yakni wawancara dan presentasi dengan dewan juri. Ajang tahunan penganugerahan kepada para CIO atau eksekutif di bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK) serta CEO ini diselenggarakan oleh iCIO Community.


"CIO dan CEO yang transformatif di Indonesia tahun ini semakin meningkatkan pemanfaatan TIK untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, operasi bisnis, dan model bisnisnya agar dapat terus bersaing dan berkembang dalam ekonomi digital yang baru. Melalui iCIO Awards 2019, iCIO Community ingin memberikan apresiasi kepada para pemimpin organisasi dan menjadikan mereka role model bagi para pemimpin bisnis lain dalam menyongsong industri 4.0," ujar Harry Surjanto, Founder dan Advisor iCIO Community.


Dengan fokus pada manfaat nyata yang dihasilkan oleh pemanfaatan TIK tersebut, iCIO Award akan diberikan kepada para CIO dan CEO yang dinilai memenuhi kriteria dalam empat kategori sebagai berikut:

1. The Most Influential CIO

Sukses mendorong perubahan pandangan dan perilaku anggota perusahaan atas TIK, sehingga implementasinya mampu mendorong transformasi bisnis dan pada akhirnya menjadikan kinerja perusahaan menjadi lebih baik.

2. The Most Innovative CIO

Sukses mengimplementasikan TIK tidak harus teknologi yang canggih, namun sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan terbukti meningkatkan kinerja perusahaan.

3. The Most Intelligent CIO

Sukses memilih dan menerapkan TIK generasi terkini, seperti IoT, AR, VR, dan lainnya dan terbukti mampu mendorong kinerja perusahaan menjadi lebih baik.

4. The Most Inspiring CEO

Memiliki digital leadership terbaik, artinya CEO memiliki visi dan strategis yang jelas, bekerja sama dan memberikan dukungan kepada CIO, sehingga mampu menghadirkan nilai bagi bisnis melalui pemanfaatan TIK.


Dalam tahapan akhir tersebut, para finalis harus mampu meyakinkan dewan juri terkait manfaat nyata yang dihasilkan dari investasi TIK mulai dalam hal mendorong inovasi, change management, IT governancebusiness enablement, efisiensi, hingga competitive advantages perusahaan saat ini.


"Di era transformatif saat ini, perkembangan teknologi begitu pesat dan pasar terus berubah. Dengan kondisi tersebut para pemimpin bisnis tidak boleh terlena, sebab tidak ada jaminan para pemain dominan akan tetap demikian di masa depan," kata Hendra Godjali, Partner & Advisory Service Line Leader Ernst & Young Indonesia.


"Oleh sebab itu, jika perusahaan ingin stand out from the crowd dan kompetitif, maka inovasi kuncinya. Di tahapan akhir proses penjurian, kami para juri harus benar-benar jeli melihat siapa dari pemimpin bisnis yang terbukti menghadirkan manfaat TIK dalam mendorong inovasi di bisnis mereka untuk menjadikan perusahaaannya tetap relevan dan kompetitif di era industri 4.0," imbuhnya.


Selain Hendra Godjali, anggota dewan juri lain adalah Betty Alisyahbana (Founder PT Quantum Business Internasional), Prihadiyanto (Managing Director Accenture Indonesia), Muhamad Ihsan (CEO Warta Ekonomi), Hasnul Suhaimi (Executive & Business Coach) yang juga mantan CEO XL Axiata, Suryopratomo (CEO Metro TV), dan Prof Riri Fitri Sari (Guru Besar Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia).


Pemenang iCIO Awards 2019 akan diumumkan pada ajang CTI IT Infrastructure Summit 2019 pada 13 Maret 2019 mendatang di Grand Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta. 


Sumber: indonesia.shafaqna.com

 

Share this article: