iCIO Community Executive Leadership Forum Diskusikan Upaya Mempersiapkan SDM Beradaptasi dengan berbagai Konsekuensi Implementasi Automation, Artifici

2019-12-09

Kompas, Diskusi panel yang menjadi acara utama pada penyelenggaraan Executive Leadership Forum 2019 yang digelar oleh iCIO Community – komunitas chief information officer dan eksekutif di bidang teknologi informasi dan komunikasi perusahaan dan organisasi di Indonesia, akan membantu para eksekutif yang hadir dalam merancang strategi untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya agar bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berubah sebagai konsekuensi penerapan teknologi digital terkini seperti automation, machine learning, artificial intelligence, robotic hingga blockchain. Para panelis yang menjadi narasumber adalah:

 

 

  • Ir. Bonnie M. Thamrin Wahid M.T., Kepala Puslitbang Sumber Daya, Perangkat dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika;
  • WIsnu Wibowo, Wakil Ketua Komite Tetap Pemberdayaan Tenaga Kerja Dalam Negeri, KADIN;
  • Rita Mas’oen, Direktur Operasi dan Teknologi Informasi PT. Bank CIMB Niaga Tbk;
  • Bagus Harimawan, Chief of Talent Bukalapak;

 

Tema acara Executive Leadership Forum (ELF) 2019 ini adalah “Reinventing The Workforce for The Work of Tomorrow”.  Program ELF ini akan menjadi ajang pertukaran informasi dan pengalaman antara pemerintah, Kadin, praktisi teknologiinformasi dan komunikasi serta praktisi di bidang SDM terkait berbagai implikasi dan upaya untuk mengantisipasinya sehingga penerapan teknologi-teknologi terkini itu benar-benar bisa mendorong kinerja perusahaan.

 

“Transformasi digital yang terus dilakukan oleh berbagai organisasi dan perusahaan di Indonesia melalui implementasi teknologi-teknologi terbaru akan menimbulkan ketidakpastian dan implikasinya akan berdampak langsung kepada setiap karyawan. Perusahaan dan organisasi harus memiliki strategi yang jelas untuk membantu karyawannya beradaptasi karena SDM adalah kunci dari kesuksesan dan kegagalan transformasi digital,”kata Rico. Usthavia Frans, Chairman iCIO Community.

 

Jika perusahaan atau organisasi tidak mengantisipasinya dampak yang ditimbulkannya sangatlah serius. Firma konsultan SDM global, Korn Ferry menyebut hingga tahun 2030, ketidaksiapan dan keterbatasan SDM yang mampu beradaptasi akan memangkas potensi revenue yang bisa dihasilkan perusahaan dengan nilai mencapai US$ 8452 triliun atau setara dengan penggabungan PDB (Jerman dan Jepang) product domestic bruto).

 

Di Indonesia sendiri seperti diungkap hasil penelitian Korn Ferry hingga tahun 2030 sektor industuri jasa keuangan berpotensi  terpangkas revenue-nya hingga US$ 9 billion; sementara industri telco dan media mencapai US$ 21,8 billion dan industri manufaktur berpotensi terpangkas revenue-nya hingga US$ 43 billion.

                    

 

source: https://kompas.id/baca/utama/2019/12/06/menyiapkan-talenta-di-era-industri-digital/

Share this article: