iCIO Community Gelar Women Leadership Day Untuk Mengurangi Disparitas Gender di Bidang TIK

Share

Acara Women Leadership Day ini mempertemukan perempuan muda yang berkarir di bidang TIK dengan sejumlah thoughtleader perempuan sehingga mereka dapat berinteraksi langsung, mendapatkan sharing pengalaman, lesson learned, dan best practice agar dapat meraih kesuksesan dalam meniti karir di bidang TIK.

Para thoughtleader yang hadir pada acara ini adalah Neneng Goenadi, Country Managing Director of Accenture Indonesia; Dian Siswarini, CEO, PT. XL Axiata Tbk; Alamanda Shantika, CEO & Founder of Binar Academy; Rita Mas‘Oen, Direktur Operasi dan Teknologi Informasi, PT.  Bank CIMB Niaga Tbk; Jeny Mustopha, CIO PT. Commonwealth Life; Debbie Nova, Human Resources & IT Director, Coca-Cola Amatil Indonesia; dan Leonny Kosasih, Enterprise Segmen Director, HP Inc Indonesia.

Agus Wicaksono, Chairman iCIO Community mengatakan,” Perusahaan yang memiliki perempuan di jajaran eksekutifnya mampu menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif dan lebih menghargai keberagaman. Bahkan dengan komposisi perempuan yang lebih besar di jajaran direksinya diyakini menjadi faktor penting yang menentukan tingkat keuntungan perusahaan yang lebih tinggi.”

“iCIO Community ingin berperan dan memberikan kontribusi positif dalam mendorong lahirnya ‘kartini-kartini” baru di bidang TIK. Dengan memfasilitasi dan mempertemukan profesional-profesional muda di bidang TIK dengan para thoughtleader melalui acara Women Leadership Day ini, kami berharap bisa mendorong semakin banyak perempuan-perempuan mencapai puncak karirnya di bidang TIK. 

Penelitian Peterson Institute for International Economics dan Ernst & Young 2016 lalu memang mengungkapkan bahwa perusahaan yang memiliki perempuan di jajaran direksinya memiliki tingkat profitabilitas yang lebih baik. Bahkan jika komposisi eksekutif perempuannya mencapai 30% nilai laba bersihnya bisa mencapai 6 poin lebih tinggi dibandingkan perusahaan yang tidak memiliki perempuan di jajaran direksinya 

Debbie Nova, yang juga merupakan Coordinator of Membership Division, iCIO Community mengatakan,” Women Leadeship Day merupakan inisiatif penting iCIO Community dalam upaya untuk turut berkontribusi memangkas disparitas gender di bidang TIK, karena komposisi jumlah perempuan yang terjun di bidang TIK kalah jauh dibanding pria. “iCIO Community akan terus meningkatkan Women Leadership Day ke depannya dengan harapan bisa mendorong terealisasinya keragaman gender di bidang TIK, yang pada akhirnya juga akan menciptakan profesional di bidang TIK yang lebih kompetitif dan inovatif.” 

Lebih dari 100 perempuan muda yang berkarir di bidang TI dari berbagai perusahaan di Indonesia hadir dalam Women Leadership Day ini. Acara ini baru pertamakali diselenggarakan oleh iCIO Community.